Senin, 16 April 2012

masuk akpol


Haii sekarang aku mau berbagi mengenai trik lulus taruna akpol.
Sekedar memberi tahu bagi teman-teman yang mau lulus jadi taruna itu bukanlah hal yang sulit kalau teman mau berusaha dan berdoa. Pastinya mudah  walau tidak semudah membalik  telapak tangan.  Kalau teman-teman yang mau bergabung dengan polri tentunya teman-teman harus memahami terlebih dahulu betapa mulianya menjadi seorang polisi. Bagi teman-teman yang muslim tentunya tidak asing dengan hadist rasullulah SAW “ kalau kamu melihat suatu kemungkaran maka tegakkanlah dengan tanganmu, bila tidak bisa tegakkan dengan lisanmu bila tidak bisa juga maka kecamlah didalam hatimu ataupun jauhilah niatmu untuk ikut dalam kemungkaran tersebut sesungguhnya itulah serendah-rendahnya iman” nah kalau merujuk dari hadist tersebut tentunya kita melihat betapa mulianya tugas seorang polisi karena seorang polisi memberantas kemungkaran dengan kewenangannya atau dengan katalain dengan menggunakan tangannya.
Nah setelah mendengar hadist tersebut semoga teman-teman menjadi termotivasi menjadi polisi yang profesional dan bermoral. Namun tidak hanya itu tentunya adajuga hal yang perlu di pertimbangkan oleh teman-teman sebelum menjadi seorang polisi. Ya seperti informasi yang sekarang sering kitadengar mengenai kekurangan-kekurangan polisi dalam bertindak bisa seperti sendal jepit, atau kasus, perita atau kasus nek minah yang mencuri biji kakau. Nah itu saatnya polisi di hujat, secara tidak langsung teman-teman harus siap kalau bertindak profesional itu sudah biasa dan memang harus profesional. Namun bila polisi bertindak salah maka bersiaplah jutaan masyarakat indonesia menghujat polis.
Kalau bicara mengenai trik masuk akpol dari pengalaman saya pribadi di tahun 2009 saya mengikuti tes tingkat panda atau daerah, dan tahap pusat di semarang.
Dulu saya mengikuti tes di polda NAD (DULU) sekarang ACEH.
TAHAPAN TESNYA DI DAERAH
1.       Pendaftaran
2.       Tes kesehatan tahap 1
3.       Tes psikologi
4.       Tes kesehatan tahap 2
5.       Tes kesamaptaan jasmani
6.       Pengecekan penampilan oleh kapolda
7.       Sidang kelulusan tingkat daerah
8.       Pengisian berkas pmk
Tahap pusat di semarang
Sama halnya dengan tingkat daerah namun mentalnya akan lebih di uji dan lebih sedikit membuat kita grogi karena saingannya secara nasional. Nah tidak perlu kuatir anggap aja sama dengan saingan sama teman-teman daerah yang sudah kita kalahkan di daerah namun jangan pula sombong atau takabur. Saran saya jangan lupa berdoa.
Nah yang membedakan tes tahap pusat dan daerah adalah adanya tes kesehatan jiwa.
Tahapan-tahapannya
1.       Daftar ulang
2.       Kesehatan 1
3.       Tes kesehatan jiwa
4.       Tes kes 2
5.       Tes kesamaptaan jasmani
6.       Ujian tulis (bahasa inggris, uu kepolisian, dan tpa)
7.       Pengecekan penampilan oleh waka polri
8.       Sidang kelulusan
9.       Selamat datang di kampus akpol semarang dan selamat bergabung di resimen taruna akademi kepolisian republik indonesia.
Nah kalau teman-teman mau mengetahui triks2 untuk bisa lulus di tiap-tiap tahapnya nanti dilain waktu akan saya sher.

2 komentar:

  1. Saya semakin tertarik untuk ikut mendaftar di AKPOL...
    Butuh masukan!!

    BalasHapus
  2. yang suka merokok bisa masuk gakk?

    BalasHapus