Sabtu, 07 April 2012


Wi-Fi

http://www.jaringankomputer.org/wifi-adalah-wireless-lan-carakerja-sejarah-wifi

wi-fi adalah singkatan dariwireless fidelity merupakan sekumpulan sistem yang di gunakan untuk penggunaan LAN tanpakabel atau wireless lokal area networks (WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. yang berguna untuk menghubungkan LAN dengan perangkat keras tanpa menggunakan kabel (wireless).
teknologi Wi-Fi kemudian berkembang sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet. Dengan demikian teknologi Wi-Fi sekarang, membuat  komputer PC yang dilengkapi dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant(PDA) atau smart phone dimungkinkan mengakses internet melalui perangkat titik akses (Access Point - AP) terdekat. Misalnya Untuk mengakes Wi-Fi hotspot graha taruna pengguna memerlukan otentifikasi Username dan Password yang telah diberikan kepada para taruna mahasiswa, antap dan pegawai atau lembaga di lingkungan graha taruna.
Untuk mengakses jaringan tanpa kabel atau Wireless Local Area Network (W-LAN) dibutuhkan notebook/laptop yang dilengkapi fasilitas Wi-Fi atau menggunakan wireless usb adapter untuk laptop tipe lama yang tidak menyediakan fasilitas Wi-Fi. Cara mengaktifkannya, setelah laptop dinyalakan, arahkan mouse dan tunjuk icon wireless connection yang terletak di kanan bawah layar monitor lalu pilih icon yang sinyalnya paling tinggi lalu klik connect dan akan muncul kontak dialog user name dan meminta password, masukan password yang kita miliki untuk mengakses WLAN.
Setiap peralatan / sistem tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Adapun kelebihan Wi-Fi adalah Kemudahan untuk mengakses internet artinya tidak perlu repot-repot menggunakan kabel sehingga bila menggunakan bersama-sama tidak repot dan lebih praktis. Dan kecepatan aksesnya berkali-kali lebih cepat dibandingkan dengan modem kabel yang tercepat. Hanya memerlukan laptop yang memiliki kemampuan Wi-Fi sudah bisa mengakses internet. harganya murah relatif terjangkau untuk masyarakat indonesia.
kelemaahan dari pada Wi-Fi yang utama adalah mudah di hacking oleh hecer dengan mencuri password pengguna Wi-Fi.

1 komentar:

  1. terima kasih gan informasi nya

    jangan lupa kunjungi juga situs kami di

    http://stisitelkom.ac.id

    BalasHapus