Sabtu, 07 April 2012

TUGAS SIM STIK MEMBUAT LAN SEDERHANA


CARA MEMBUAT LAN SEDERHANA
Contoh LAN paling sederhana adalah mengubungkan dua komputer sehingga memungkinkan kedua komputer tersebut berkomunikasi sesamanya (keduanya) dengan menggunakan kabel data UTP. Nah kalu kita mau menghubuangkan hanyua dua komputer saja maka kita hanya memerlukan satu buah kabel data UTP  yang dipasang dengan konfigurasi  cross/silang.
Peralatan yang dibutuhkan
1.               Dua buah komputer atau lebih
2.               Kabel data utp(unshielded twisted pair)
3.               Rj 45
4.               Nic/lan card
5.               Dll

Cara pembuatan lan
Tentukan pilihan apakah kita mau menghubungkan dua komputer saja atau lebih karena akan mempengaruhi pemasangan  konfigurasi kabel utpnya.

Misalnya saja kita mau membuat lan untuk dua komputer.
Artinya kita menentukan pilihan untuk membuat dua komputer bisa berkomunikasi antar satu komputer dengan komputer yang lainnya. Karena hanya dua komputer yang dihubungkan maka kita hanya memerlukan satu buah kabel data utp dengan dihubungkan dengan rj 45 dengan konfigurasi cross/silang, pada kedua ujung kabel utp. Lalu dihubungkan masing-masing ujung kabel ke nic/lan card yang sudah ada di komputer. Seperti gambar dibawah ini. Maka setelah kedua komputer tersebut terhubung maka secara otomatis kedua komputer tersebut bisa berkomunikasi atara keduanya.
Namun bila kita memilih untuk menghubunagkan lebih dari dua komputer maka kita memrlukan beberapa peralatan tambahan diantaranya:
1.               Kabel utp yang dipasang dengan konfigurasi lurus
2.               Hub atau switch
3.               Dan prtalatan lainya sama dengan lan untuk dua komputer.

Cara pemasangannya
Hubungkan setiap konputer ke hub atau switch  dengan menggunakan rj-45 pada masing-masing ujung kabel utp dengan konfigurasi lurus/straight maka secara otomatis seluruh kompuetr tersebut sudah bisa terhubung dan bisa saling berkomunikasi. bisa kita temukan di warnet-warnet.
NAMUN BILA KITA BERKEINGINKAN MENGHUBUNGKAN DUA BUAH LAPTOP MAKA KITA TIDAK MEMERLUKAN KABEL DATA UTP KITA HANYA PERLU MENGATUR DI PENGATURAN INTERNETNYA DAN DI KONEKTING VIA WIFI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar